Thursday, October 18, 2012

Peranan Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah

Yah.. posting kedua udah tugas softskill aja... hehehe.. gapapa temans.. :) ini blog emang diciptakan untuk aktif dalam segala dunia pertugasan di dunia maya (ahmad) gue.. Kali ini tugas blog yang diterima berlakon tentang peranan Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah.. wuidiih.. berat yee bahasanye.. hehehe OK.. disini gw akan menjabarkan gimana sih Bahasa Indonesia bisa jadi hal yang penting dan se ilmiah apaan sih Bahasa Indonesia kita yang pada kenyataannya kagak dipake secara baku di kehidupan kita yang jungkir balik kayang koprol handstand ini?? -_____-" we will know the answer right here and right now! Cekidot

Bahasa penulisan materi postingan kali ini disesuaikan dengan konsep penulisan tugas.. Sepenggal alinea pembuka dan penutup hanya sebagai icebreaking (why became so serious?) Think again..

Bahasa Indonesia memiliki peranan penting terutama dalam kaitannya dengan konsep ilmiah. Menurut saya sebagai seorang mahasiswa tingkat 3 yang sebentar lagi akan menjajaki ranah Penulisan Ilmiah, materi konsep ilmiah dan hubungannya dengan Bahasa Indonesia menjadi hal yang menarik untuk diulas.

Sebagai bahasa dengan fungsi pemersatu, Bahasa Indonesia telah menunjukkan peranan terbaiknya dalam mengkomunikasikan berbagai macam ras, suku dan golongan yang ada di tanah air tercinta ini. Bagaimana tidak? dengan Bahasa Indonesia antara penduduk tanah air satu dengan yang lainnya yang terpisahkan oleh laut, gunung, lembah dapat saling berkomunikasi tanpa halangan yang berarti ketika mereka dipertemukan. Jelas hal ini memiliki hubungan ilmiah yang sangat sistemik.

Mengapa bisa dibilang sistemik? Tingkat keilmiahan suatu bahasa menurut saya dapat diukur berdasarkan bagaimana bahasa tersebut dapat dimengerti oleh berbagai macam pihak dengan berbagai macam latar belakang. Itulah hal yang menjadikan Bahasa Indonesia memiliki peran dalm konsep ilmiah di ranah kebahasaaannya sendiri.

Lalu, bagaimana dengan keilmiahan yang dimaksud dalam dunia perkuliahan? setelah tadi kita jabarkan konsep ilmiah Bahasa Indonesia yang berarti dapat dicerna dan dimengerti oleh berbagai macam lapisan masyarakat, keilmiahan dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi mencapai taraf penting bagi keberlangsungan pemikiran dari kita sebagai mahasiswa itu sendiri. kenapa bisa demikian??

Jikalau dapat kita renungkan, ketika saya atau anda yang berkuliah tengah dihadapkan pada kenyataan dalam sebuah kondisi pembuatan Penulisan Ilmiah, bentuk penulisan yang diharapkan ialah bentuk penulisan yang mudah dicerna dan dimengerti oleh berbagai pihak. Tidak hanya oleh penguji saja. Bahkan orang awam pun diharapkan ketika membaca Penulisan Ilmiah yang telah saya dan anda buat dapat mengerti dan paham pula. Disinilah titik berat pembahasan kita..

"Bahwasanya Bahasa Indonesia dalam Konsep Ilmiah berarti sekali dalam penyampaian hasil pemikiran seseorang agar dapat dimengerti oleh orang lain"

Itulah sekelumit pendapat saya tentang pentingnya peranan Bahasa Indonesia terutama dalam hakikatnya sebagai bahasa dengan fungsi ilmiah.

Wew.. banyak gak sih? nggak usah banyak-banyak yang penting pada ngerti dit.. iya.. kan lagi ngebahas supaya dalam berbahasa apa yang kita utarakan dapat dicerna oleh orang lain.. Itu kuncinya!

"Komunikasi yang tanpa delay dan dimengerti oleh siapapun"

Sumber : Murni dari pemikiran sel sel otak yang dihidupkan atas izin ALLAH SWT.. :) tanpa copy paste! silahkan cek kalau gak percaya.. InsyaALLAH postingan ini murni syariah dan transparan.. hehe


No comments:

Post a Comment